Langkah Mengembangkan Analisis Laporan Keuangan Efektif

Mungkin gambar 3 orang

Langkah Mengembangkan Analisis Laporan Keuangan Efektif

 

Langkah mengembangkan analisis laporan keuangan efektif, Setiap perusahaan harus memiliki seseorang yang profesional di bidang keuangan. Itu karena perusahaan membutuhkan orang yang dapat menganalisis laporan keuangan dengan efektif dan teliti. Keuangan bersifat sensitif, jadi orang yang memegang penuh kendali laporan keuangan harus bertanggung jawab dan bekerja sedetail dan seteliti mungkin. Perusahaan harus mempercayai seorang professional keuangan untuk memegang kuasa dalam menganalisis keuangan perusahaan. Dengan begitu, ia harus menguasai bagaimana cara menganalisis laporan keuangan secara efektif.

Berikut 6 langkah umum untuk membantu Anda dalam mengembangkan analisis laporan keuangan efektif :

1. Identifikasi Karakteristik Ekonomi Industri

tentukan analisis untuk rantai nilai dalam industry. Rantai ini dalam artian kegiatan yang terlibat dalam penciptaan produk, pembuatan produk, hingga distribusi produk. Layanan perusahaan juga termasuk ke dalamnya. Langkah ini biasanya menggunakan Teknik lima kekuatan porter atau biasa disebut analisis atribut ekonomi.

2. Identifikasi Strategi Perusahaan

faktor penting seperti integrasi rantai pasokan, diversifikasi geografis hingga diversifikasi industri juga wajib untuk Anda pertimbangkan. Setiap perusahaan tentu saja memiliki strateginya masing-masing dalam beragam hal yang salah satunya adalah bagian keuangan. Pahami terlebih dahulu strategi tersebut agar Anda tidak salah kaprah ketika menganalisis keuangan dalam perusahaan. Hal ini cukup penting, termasuk juga dalam pengetahuan dan dedikasi Anda terhadap perusahaan.

3. Menilai Kualitas Laporan Keuangan Perusahaan

Anda harus meninjau dari segala konteks standar akuntansi yang relevan, terutama dalam memeriksa akun neraca. Dalam akun neraca, beragam masalah seperti pengakuan, klarifikasi, hingga penilaian bisa menjadi kunci untuk evaluasi yang sangat tepat. Dan harus mengevaluasi laporan laba rugi, yaitu dengan cara meilai dengan benar dan teliti dari segi kualitas laba sebagai representasi lengkap dari kinerha ekonomi dalam perusahaan. Hal ini penting karena evaluasi laporan arus kas akan membantu Anda dalam memahami dampak dari posisi likuiditas perusahaan.

4. Analisis Profitabilitas dan Resiko Saat Ini

Selain menilai kualitas dari laporan keuangan perusahaan, dengan menganalisis profitabilitas sekaligus resiko yang terjadi atau akan terjadi bisa menjadi nilai tambah bagi Anda untuk mengevaluasi perusahaan serta laporan keuangan. Tingkat profesionalitas Anda akan meningkat di mata perusahaan. Salah satu alat untuk menganalisis paling umum adalah dengan rasio keuangan utama yang ada kaitannya dengan manajemen aset, likuiditas, profitabilitas, manajemen serta cakupan utang, serta terakhir adalah penilaian resiko atau pasar.

5. Menyiapkan Perkiraan Laporan Keuangan

Memang sering menantang, namun seorang professional keuangan harus dapat membuat asumsi masuk akal mengenai masa depan dari perusahaan atau industry yang ia kerjakan. Profesional keuangan juga harus tau untuk menentukan bagaimana asumsi tersebut akan berdampak pada bagian arus kas serta pendanaan perusahaan.

6. Nilai Perusahaan

Setelah mendekati banyak sekali penilaian, namun jangan lewatkan penilaian paling umum dengan jenis metodologi arus kas discounted. Dengan ini Anda bisa membuatnya ke bentuk dividen dan diproyeksikan, atau bisa juga dengan teknik arus kas bebas ke pemegang saham atas dasar perusahaan. Pendekatan lainnya mungkin menggunakan penilaian relative, atau bisa juga dengan tindakan berbasis akuntansi, contohnya nilai tambah ekonomis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *