Manfaat Menerapkan Human Capital Management

Mungkin gambar 2 orang

Manfaat Menerapkan Human Capital Management

 

Manfaat menerapkan human capital management, Keberadaan sumber daya manusia (SDM) sangat penting dalam menunjang operasional perusahaan. Namun, tak semua perusahaan memahami pentingnya peran sumber daya manusia, sehingga begitu mudah melakukan bongkar pasang personil yang ada di dalamnya (tingkat turnover karyawan yang cukup tinggi). Bahkan tak sedikit perusahaan yang arogan berdalih mudah mencari karyawan baru, karena banyak yang mengantre kerja sehingga lalai terhadap hak-hak karyawan yang ada. Kualitas tenaga kerja merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan. Demi memperbaiki kualitas tenaga kerja, kembali lagi pada tahap awal saat kita mencari dan merekrut tenaga kerja tersebut.
Manajemen sumber daya manusia atau Human Capital Management (HCM) seringkali dikenal sebagai serangkaian langkah perusahaan yang komprehensif. Human Capital Management digunakan untuk melakukan merekrut karyawan, mengelola, mengembangkan, dan serta membantu mengoptimalkan kinerja karyawan yang merupakan sumber daya utama dalam sebuah bisnis. Paradigma Human Capital akan mengantarkan pada praktik pemahaman lebih lanjut mengenai visi perusahaan, potensi karyawan hingga harapan perkembangan bisnis yang lebih baik. Dengan mengetahui sangkut-paut bisnis, visi dan target perusahaan, tim Human Capital akan merancang program kerja dan strategi untuk membangun SDM yang lebih berkualitas agar bisnis perusahaan berjalan lancar.

Adapun beberapa manfaat Human Capital Management yaitu :

1. Human Capital Management mampu membantu praktisi HR untuk merekrut orang yang tepat di posisi yang tepat (the right person in the right position).

2. Human Capital Management mampu berfokus pada pilihan yang tepat untuk pelatihan dan pengembangan keterampilan (skill) karyawan.

3. Human Capital Management mampu membantu karyawan menganalisa kekurangannya dan mendukung strategi peningkatan keterampilan (skill improvement).

4. Human Capital Management mampu mendukung perusahaan dalam menentukan biaya yang sepadan setelah melihat potensi setiap karyawannya. Dengan begitu, perusahaan bisa memaksimalkan return of investment (ROI).

5. Human Capital Management mampu meningkatkan rasio retensi karyawan dan meningkatkan employee engagement.

Perusahaan mengelola karyawan-karyawannya sedemikian rupa fungsinya agar dapat meningkatkan kemampuan kerja dan keterampilan kerja sehingga dapat mencapai kinerja pada tingkat yang lebih tinggi. Pengelolaan ini bisa dilakukan dengan menciptakan modal intelektual serta kecerdasan komunikasi dan interaksi dengan karyawan lain melalui pendidikan dan pelatihan secara intensif sehingga dapat menghasilkan pengetahuan yang bermanfaat bagi pengembangan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *