Pentingnya Mengevaluasi Program Pelatihan Bagi Perusahaan

Pentingnya Mengevaluasi Program Pelatihan Bagi Perusahaan

 

Pentingnya Mengevaluasi Program Pelatihan Bagi Perusahaan, Evaluasi sendiri pada umumnya merupakan proses sistematis yang dilakukan dengan tujuan untuk mengukur seberapa berhasil sebuah program atau aktivitas yang telah dilakukan dalam hal ini adalah program pelatihan karyawan. Program pelatihan karyawan merupakan salah satu agenda penting yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kemampuan yang dimiliki karyawannya. Selain meningkatkan kualifikasi diri masing-masing individu, program pelatihan ini juga dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan performa perusahaan dari waktu ke waktu. Evaluasi pelatihan memiliki fungsi sebagai pengendali proses dan hasil program pelatihan sehingga akan dapat dijamin suatu program pelatihan yang sistematis, efektif dan efisien. Evaluasi pelatihan merupakan suatu proses untuk mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan dalam program pelatihan. Evaluasi pelatihan lebih difokuskan pada peninjauan kembali proses pelatihan dan menilai hasil pelatihan serta dampak pelatihan yang dikaitkan dengan kinerja SDM.

Evaluasi merupakan bagian yang sangat penting dari program pelatihan, mengingat telah banyak menghabiskan waktu, energi, serta biaya untuk pelaksanaannya. Agar pelatihan tidak sia-sia, suatu langkah evaluasi dan tindak lanjut dilakukan secara teratur. Evaluasi suatu program pelatihan diperlukan untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap staf terjadi dan seberapa besar penerapannya dalam memberikan arti atau pengaruh pada dirinya, kelompok dan perusahaannya. Untuk membantu dalam menyusun program evaluasi pelatihan karyawan dalam perusahaan, Model Evaluasi Kirkpatrick dapat digunakan karena sudah sangat populer dan banyak perusahaan menggunakannya.

Di dalam Model Evaluasi Krikpatrick, ada beberapa tahapan yang dilakukan sebagai bagian dari proses evaluasi pelatihan dan pengembangan SDM.

1. Tahap Reaksi

Tujuan dari tahap evaluasi pelatihan karyawan ini adalah untuk mencari tahu seberapa penting program tersebut bagi para peserta (karyawan). Caranya adalah dengan mengukur keterlibatan karyawan selama program berlangsung, keaktifan mereka, serta bagaimana karyawan bereaksi atas berbagai materi yang diterima. Dengan begitu, dapat diketahui seberapa baik karyawan dalam menerima dan mengikuti program pelatihan tersebut.

2. Tahap Pembelajaran

Tujuan dari tahap evaluasi ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelatihan karyawan bisa meningkatkan keahlian, sikap, pengetahuan, kepercayaan diri, dan komitmen mereka dalam melakukan pekerjaannya.

3. Tahap Perilaku

Perlu diperhatikan bahwa proses pengukuran perilaku yang efektif merupakan sebuah proses yang memakan waktu panjang setelah pelatihan, bisa jadi berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

4. Tahap Hasi.

Yang dimaksud dengan hasil dari pelatihan karyawan disini meliputi efek yang diharapkan oleh perusahaan untuk dicapai. Artinya, hasil yang diukur bukan hanya hasil dari pencapaian individu masing-masing karyawan, tapi juga pencapaian perusahaan secara keseluruhan. Karena itulah proses ini akan memakan waktu yang lebih lama, bahkan juga menjadi evaluasi yang paling banyak memakan biaya. Belum lagi, seorang staf HR juga harus mampu mengidentifikasi apa hasil akhir atau manfaat yang paling berkaitan dengan program pelatihan yang telah diadakan, serta cara paling efektif untuk mengukur hasil dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *