Pentingnya Merencanakan Program Pelatihan dan Pengembangan SDM

Mungkin gambar teks yang menyatakan 'XKANAKAX DEKANAKA SEKANAKA ONLINE TRAINING KEUNGGULAN Tidak perlu datang ke lokasi. KELEMAHAN Tidak dilakukan di ruang khusus, kemungkinan akan ada gangguan dari lingkungan sekitar. Hemat waktu dan tenaga, karena tidak perlu melakukan perjalanan jauh. 2 Bergantung pada sinyal internet, kuota internet, dan gadget/laptop. Ada rekaman aktivitas pembelajaran, sehingga dapat di review kembali. 3 Interaksi antar instruktur dan peserta akan terbatas. Biaya relatif lebih murah. 4 Menimbulkan kelelahan mata akibat oenggunaan gadget/laptop terlalu lama. www.pelatihan-sdm.net (0274) 5016111 @kanakatraining b.com/kanakatraining Kanaka Training'

Pentingnya Merencanakan Program Pelatihan dan Pengembangan SDM

 

Pentingnya merencanakan program pelatihan dan pengembangan SDM, Pelatihan dan pengembangan SDM yang tepat, dapat memberikan efek yang baik kepada karyawan. Kualitas dan produktivitas SDM sebenarnya dapat ditingkatkan dengan melakukan program pelatihan dan pengembangan SDM. Namun, masih banyak perusahaan yang mengesampingkan hal ini dalam mendapatkan SDM berkualitas. Padahal, jika perusahaan menerapkan pelatihan dan pengembangan SDM akan berdampak pada perusahaan itu sendiri. Persaingan bisnis di segala bidang kini terasa semakin ketat. Untuk dapat mempertahankan keberlangsungan suatu bisnis, harus memastikan bahwa SDM yang dimiliki sudah bisa dikatakan baik kualitasnya. SDM atau karyawan yang menduduki suatu jabatan tertentu dalam perusahaan kadang mempunyai level kemampuan yang berbeda dengan karyawan lainnya. Terkadang kemampuan karyawan dapat meningkat, namun juga dapat menurun. Ada pula yang kemampuannya kurang sesuai dengan persyaratan yang diperlukan dalam jabatan tertentu. Oleh karena itu, penting bagi karyawan tersebut untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan diri karena ini akan berguna untuk menambah skill dan kemampuan mereka.

Pengembangan karyawan menjadi faktor utama untuk retensi karyawan di tempat kerja, terutama saat ini, dimana angkatan kerja didominasi oleh generasi milenial. Metode-metode terpopuler dalam pengembangan karyawan yang digunakan perusahaan mencakup program-program pelatihan dan pengembangan kepemimpinan. Pengembangan karyawan merupakan investasi bagi perusahaan. Secara langsung, investasi ini berdampak pada keterlibatan dan produktivitas karyawan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesuksesan perusahaan. Jika ingin program pelatihan dan pengembangan SDM dapat berjalan efektif dan efisien, perusahaan perlu merencanakan langkah-langkah yang harus dilalui perusahaan saat ingin memberikan pelatihan dan pengembangan SDM kepada para karyawannya.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat diterapkan :

1. Penentuan Kebutuhan

Tujuan penentuan kebutuhan pelatihan dan pengembangan SDM ini adalah untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang relevan guna mengetahui data atau menentukan apakah perlu tidaknya dilakukan pelatihan dan pengembangan SDM dalam perusahaan tersebut.

2. Mendesain Program

Ketepatan metode pelatihan dan pengembangan SDM tergantung pada tujuan yang akan dicapai. Mulailah dengan mengidentifikasi mengenai apa yang diinginkan agar para pekerja mengerti apa yang harus diketahui dan dilakukan.

3. Evaluasi Keefektivitasan

Pelatihan dan pengembangan SDM harus menjadi suatu solusi tepat bagi permasalahan perusahaan, yaitu untuk memperbaiki kekurangan dari keterampilan setiap pekerja. Tujuan dari tahap ini adalah untuk menguji apakah pelatihan dan pengembangan SDM tersebut efektif di dalam mencapai sasaran-sasarannya yang telah ditetapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *