Strategi Meningkatkan Self Leadership

Keterangan foto tidak tersedia.

Strategi Meningkatkan Self Leadership

 

Kemampuan memimpin diri sendiri terlihat dari karakter seseorang. Karenanya cobalah untuk membuat atau memupuk kualitas karakter yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin karena itulah modal untuk menjadi orang yang berhasil dan memiliki kemauan keras. Konsep kepemimpinan diri (self leadership) dapat dikatakan sebagai pendekatan baru dalam teori kepemimpinan (leadership). Karena untuk menjadi pemimpin yang baik, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali diri sendiri. Pemimpin harus mulai dari mencari makna mengenai apa yang ingin dilakukan atau diubah pada sebuah organisasi atau perusahaan, baik itu di tempatnya bekerja atau bahkan usaha yang dibangunnya sendiri, apa yang menjadi passion-nya, apa yang menjadi kelebihannya untuk memberikan kontribusi.

Kepemimpinan diri (self leadership) dapat ditingkatkan melalui strategi-strategi kepemimpinan diri yang dapat menjadi tolak ukur seberapa baik seseorang menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri. Adapun strategi-strategi kepemimpinan diri tersebut adalah :

1. Strategi Berfokus pada Perilaku (Behavior Focused Strategies)

Ini merupakan kesadaran untuk meningkatkan kesadaran dirinya untuk mengarahkan kepada pengelolaan dan pengawasan terhadap perilaku khususnya yang berhubungan dengan penyelesaian tugas-tugas atau tujuan yang diperlukan tetapi tidak menyenangkan. Strategi ini melibatkan observasi diri (self observation), tujuan pribadi (self goal setting), penghargaan dan hukuman atas diri (self reward and punishment), serta isyarat diri (self cue)..

2. Strategi Penghargaan Alami Kepada Diri (Natural Reward Strategies)

Penghargaan alami merupakan suatu upaya menciptakan situasi yang menyenangkan dan mampu memotivasi situasi. Penghargaan alami juga merupakan persepsi dan pengalaman-pengalaman yang positif terkait dengan tugas yang harus diselesaikan termasuk di dalamnya komitmen, kepercayaan, dan kesenangan terhadap tugas atau aktivitas yang dilakukan. Penghargaan alamiah tersebut akan dirasakan individu melalui keberhasilannya menyelesaikan tugas sehingga individu akan mengalami sense of competence, sense of self-control, dan sense of purpose. Strategi yang dapat dibangun untuk menciptakan penghargaan alami kepada diri sendiri adalah membangun persepsi positif yang berkaitan dengan suatu tugas dan menciptakan penghargaan yang diberikan kepada diri sendiri seperti membayangkan penghargaan yang akan diberikan kepada diri sendiri jika tujuan yang diinginkan tercapai dengan baik.

3. Strategi Pola Pikiran Konstruktif (Constructive Thought Pattern Strategies)

Pola pikir merupakan paradigma atau cara pandang seseorang akan membentuk kebiasaan dalam menganalisa suatu permasalahan. Pola pikir konstruktif menjadi beberapa strategi yaitu : kepercayaan dan asusmsi (belief and assumptions), dialog diri (self talk), dan citra mental (mental imagery).

Kemampuan menjadi pemimpin diri sendiri, pada akhirnya akan bermanfaat banyak bagi organisasi atau perusahaan. Karyawan dengan kemampuan ini akan mempunyai tanggung jawab lebih besar. Bahkan, karyawan ini tidak perlu diawasi terlalu banyak oleh pimpinan karena sudah lebih mandiri untuk bekerja sesuai dengan deskripsi pekerjaannya. Tanggung jawab dan komitmen secara mandiri tentu saja akan menguntungkan bagi organisasi atau perusahaan. Dalam jangka panjang, selain akan menghemat biaya (cost), perusahaan juga akan mendapat keuntungan atau profit karena efisiensi cost ataupun efektifnya pekerjaan para karyawannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *